Cara Melacak Android yang Hilang - Buka Detik Blogspot

Hot!

Post Top Ad

Tuesday 14 March 2017

Cara Melacak Android yang Hilang

Kehilangan smartphone pasti akan membuat kita resah, entah karena sekedar lupa menaruh atau hanya disembunyikan oleh teman yang jahil. Tapi yang parah jika smartphone kita jatuh atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun, jangan khawatir lagi karena saat ini kami akan memberikan beberapa tips untuk melacak keberadaan HP Android yang hilang.


Untuk diketahui, sebagian besar smartphone sekarang sudah ter-install Android Device Manager. Tetapi ada juga yang belum. Untuk mengantisipasi hal-hal buruk terjadi, alangkah baiknya untuk men-download aplikasi Android Device Manager sekarang juga. Layanan ini memungkinkan kita untuk melacak lokasi smartphone. Ketika smartphone benar-benar hilang, kita dapat menggunakan ponsel teman atau perangkat lain seperti laptop untuk melihat lokasi terakhir ponsel kesayangan kita berada.

Aktifkan Android Device Manager

Jika sudah menggunakan smartphone keluaran terbaru, Android Device Manager ada dalam menu settings. Namun jika tidak menemukannya, Anda dapat men-download aplikasi Android Device Manager di Google Play Store. Pada dasarnya, layanan ini akan langsung terhubung dengan Google. Langsung saja, berikut adalah cara mengaktifkannya.

  • Langkah pertama, masuk ke menu Settings -> Security -> Device Administration
  • Setelah itu, klik pada pilihan Android Device Manager sehingga tanda centang muncul pada bagian tersebut. Jika sudah, kembalilah ke menu utama Settings.
  • Selanjutnya, klik pada menu lokasi dan tekan tombol untuk mengaktifkannya. Jika sudah aktif, klik menu mode.
  • Kini Anda berada pada menu mode. Pilih high accuracy agar Google dapat melacak lokasi dengan sangat akurat. Jika sudah aktif, klik tombol kembali dan pilih menu Google Location History.
  • Aktifkan Location History dan Device Anda dengan mengklik kedua tombol switch yang tersedia, seperti gambar di bawah ini.

Cara Melacak HP Android

Kini fitur keamanan Android Device Manager sudah terkonfigurasi dengan benar dan smartphone dapat dilacak dengan bantuan Google. Lalu bagaimana cara melacaknya? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Web browser yang Anda miliki, entah dari ponsel, tablet maupun komputer.
  • Buka Google.com lalu ketik saja “temukan ponsel saya”.
  • Klik pada hasil pencarian paling atas, disana Anda akan menemukan sebuah peta atau halaman resmi Android Device Manager. Dan masuklah dengan akun email Anda.
  • Kini Anda dapat melihat lokasi terakhir smartphone Anda berada. Anda dapat melakukan beberapa hal yakni Ring atau Enable Lock dan Erase.
Ring berfungsi untuk membunyikan smartphone Anda meski dalam keadaan silent. Fitur ini sangat bermanfaat ketika Anda lupa menaruh smartphone yang lokasinya dekat dengan Anda. Sedangkan Lock dan Erase lebih cocok jika smartphone Anda hilang dicuri ataupun jatuh karena fitur ini berfungsi untuk mengunci dan menghapus data-data pribadi Anda.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad