11 Kiat Sukses Menjadi Youtuber! Cara Jadi Kaya Lewat Youtube - Buka Detik Blogspot

Hot!

Post Top Ad

Monday 13 March 2017

11 Kiat Sukses Menjadi Youtuber! Cara Jadi Kaya Lewat Youtube

Hey Youtubers! Banyak yang nanya, benar nggak sih kalau menjadi seorang YouTuber itu bisa bikin kamu kaya raya? Jawabannya sudah kamu ketahui, itu benar dan sudah banyak buktinya bahkan populer secara instan. Tapi...

Banyak tapinya nih, hal tersebut bukan hal yang mudah dan bukan pula hal yang mustahil. Ya, harus dibarengi yang namanya kerja keras dan kreativitas.

Berikut Tips Jadi Kaya Lewat Youtube!


1. Kamera



Mari kita bahas peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai karir menjadi YouTuber dan yang pertama adalah kamera. Motivasi juga penting, tapi kita membahasnya di bawah ya.



Benda yang satu ini wajib dipunya, bebas mau pilih action cam, DSLR, mau pun mirrorless. Harga kamera tersebut bervariatif, mulai dari sejutaan hingga puluhan juta rupiah.

Nah buat kamu yang masih pelajar/mahasiswa dan sekedar ingin coba-coba, cukup saja dengan mengandalkan kamera smartphone.

Kalau kamu ingin pakai kamera pro tanpa mikirin budget, pilihlah Blackmagic Cinema Camera. Kamera vlog yang satu ini cocok buat kamu yang butuh video sinematik berkualitas super, dengan range harga antara Rp14-18 juta.

Kamu juga bisa pilih DSLR Canon 70D, dengan layar yang bisa dilipat dan fokus otomatis yang cepat. Tapi kamu harus merogoh kocek sekitar Rp12 jutaan ke atas sih untuk satu unit barunya.

Mau yang lebih murah? Ada Canon Powershot G7X, dengan kualitas audio yang sudah sangat memuaskan. Berada di harga Rp6-7 jutaan, selain spesifikasi yang mumpuni, G7X ini sudah dilengkapi dengan WiFi. Jadi, kamu dapat mudah berbagi file.

Lalu ada Sony NEX-5 yang mudah diboyong ke mana-mana. Dilengkapi dengan mode intelligent auto yang cukup pintar memilihkan scene yang tepat. Produk second-nya dijual dikisaran harga Rp4-5 jutaan.

Berikutnya ada Canon LEGRIA mini X, dengan model yang cukup berbeda dari kamera biasa, nggak akan ada yang menyangka kalau ini adalah sebuah kamera.

Ya, Camcorder mungil seharga Rp4 jutaan ini mempermudah kamu mengambil angle yang diinginkan. Banyak lho Vlogger terkenal yang menggunakannya. Jadi saran Jaka, belilah kamera yang sesuai dengan kondisi dompet kamu.

2. Microphone

Selain visual, kualitas audio juga sama pentingnya. Terutama video yang mengutamakan kejelasan narasi, pilihlah microphone yang baik dan berkualitas.


Kamu bisa pilih model condenser microphone, yang biasa digunakan para YouTuber game atau pun studio rekaman musik. Ada juga lavalier alias clip on mic atau pun shotgun yang biasa dipakai untuk shooting film, harganya beragam mulai dari Rp50 ribu hingga jutaan rupiah.


3. Tripod atau Monopod

Kamera stabilizer juga tak kalah penting, demi memperoleh video yang minim guncangan. Sehingga nyaman untuk disaksikan oleh penonton, makanya jangan lupa juga menggunakan tripod atau monopod dan lighting kit.

4. PC / Laptop


Hal penting selanjutnya yang harus kamu miliki sebagai YouTuber adalah PC atau laptop untuk mengolah video yang telah kamu ambil. Nah untuk mengedit video dengan nyaman, setidaknya pilihlah laptop dengan RAM 4 GB dan prosesor quad core.

5. Edit Video

Video sudah ada dan laptop sudah punya. Selanjutnya kamu harus punya software edit video dan memiliki kemampuan edit video.

Mengedit video adalah bagian terpenting pasca produksi. Di mana prosesnya mampu membuat video terlihat lebih sempurna dan bisa dinikmati penonton. Untuk itu, kamu butuh software editing video yang tepat.

Nggak harus yang berbayar, karena ada banyak sekali aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan. Ada Hitfilm, Windows Movie Maker, I-Movie atau Lightworks.

Buat pemula, kamu bisa coba Corel Video Studio Pro, Adobe Premiere Elements, Camtasi, Pinnacle Studio, atau AVS Video Editor. Kalau kamu sudah profesional, saatnya pakai Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro X, atau Sony Vegas Pro yang memiliki beragam fitur.

6. Punya Nama Channel Youtube yang Unik

Video sudah diedit dan layak ditonton, selanjutnya upload ke YouTube. Pastinya kamu sudah punya akun Google dong? Ya, kamu bisa buat channel YouTube kamu dan yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan namanya.

Nama ini yang akan tampil sebagai identitas kamu sebagai YouTuber. Harus unik, mudah diingat, dan juga mudah diucap.

7. Konsisten Bikin Video yang Berkualitas

Uang itu cuma bonus, bukan target utama kamu. Sebagai YouTuber sekarang kamu harus fokus bikin video berkualitas secara konsisten dan kebanyakan orang-orang gagal di sini.

Bagaimana caranya kamu bisa berkembang? Kamu bisa ikut-ikutan buat konsep video dari YouTuber yang sudah terkenal, tapi satu hal yakni video kamu harus lebih bagus dari mereka. Jika tidak bisa bikin video yang lebih keren dari mereka, percuma kamu akan gagal.


Inilah kenapa kamu harus bikin konsep video yang baru, celah apa sih yang bisa berpotensi 'meledak' di masa depan.

Tapi yang paling penting adalah buatlah konten video yang bermanfaat atau yang menghibur dan menggugah emosi penonton. Dengan begini, pengunjung bakal like, share video dan subscribe channel YouTube kamu.

8. Jangan Lupa Rajin Promosi

Kita ini bukan siapa-siapa, kalau sudah susah payah membuat video yang berkualitas tapi lupa faktor yang satu ini juga pasti bakal gagal. Makanya jangan lelah promosi lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Hanya itu? Belum cukup, kamu bisa membuat blog atau website untuk saling mendukung satu sama lain agar pengunjung ramai berdatangan. Banyak lagi deh, jangan sungkan untuk belajar bagaimana caranya melakukan promosi yang efektif.


9. Daftar Google Adsense


Kamu sudah teratur upload video, penonton juga berdatangan dengan promosi yang kamu lakukan. Langkah penting selanjutnya adalah mendaftar Google Adsense, dari sinilah kamu akan mendapatkan rupiah.

Pembayaran dari Adsense ini bakal kamu terima pada bulan setelah saldo Adsense melampaui US$100 atau sekitar Rp1,3 jutaan. Itu pun dengan syarat bahwa akun Adsense kamu punya reputasi yang baik.

Setelah permohonan yang hanya perlu diajukan satu kali disetujui, label akun host akan dihapus dari laman beranda. Kamu selanjutnya akan punya akses untuk menghasilkan kode iklan Adsense. Tujuannya untuk memonetisasi situs web mitra non-host.

10. Cara Monetasi YouTube

Kalau kamu sudah gabung dalam program partner YouTube dan menyiapkan akun Adsense, kamu sekarang bisa mengaktifkan iklan untuk video yang memenuhi syarat.


Caranya, pastikan video kamu memenuhi kriteria monetisasi video. Tinjau berbagai format iklan YouTube yang tersedia. Kemudia ikuti langkah-langkah mengaktifkan iklan. Kamu dapat memilih untuk mengaktifkan iklan di masing-masing video atau langsung dalam jumlah banyak.


11. Kalian Bisa Jualan Merch


Nah satu lagi poin penting dalam berjualan di YouTube yakni merchandising. Nggak cuma menambah pendapatan, tapi juga cara untuk melibatkan penggemar kamu. Karena penggemar adalah segalanya.


Jadi, bukan hanya secara finansial ya, tapi mereka mewakili kamu lewat eksistensi di dalam komunitas. Merekalah yang mendukung channel kamu dan karena mereka kamu ada.

Tapi sebelum meluncurkan merch, kamu harus pikirkan baik-baik strateginya. Apa yang ingin dijual, bagaimana produksi, dan distribusinya. Serta bagaimana cara mempromosikannya agar lebih melibatkan penggemar.

sumber : https://jalantikus.com/tips/cara-menjadi-kaya-lewat-youtube/

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad